Pusat Oleh-oleh Khas Kampung Inggris Kediri Jawa Timur

By | Juni 16, 2020

Kampoong Inggris, Pusat Oleh-oleh Khas Kampung Inggris Kediri Jawa Timur – Tahukah anda oleh oleh khas pare kampung inggris?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang Snack khas Pare Kampung Inggris. Ada banyak macam makanan dan jajanan yang khas dari suatu daerah ini. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai oleh oleh khas pare kampung inggris secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

oleh oleh khas pare kampung inggris
oleh oleh khas pare kampung inggris

Dimana dan Apa Saja Oleh oleh Khas Pare Kampung Inggris?

Kediri kian terkenal dengan dibangunnya Monumen Simpang Lima Gumul dengan bentuk yang menyerupai Arc de Triomphe, Paris, Perancis. Tak sampai di situ saja pesona yang dimiliki Kediri, obyek wisata Gunung Kelud, Museum Airlangga, Goa Selomangleng, Gereja Pohsarang, Kebun Nggrek dan masih banyak lagi.

1. Stik Tahu Kediri

Olahan tahu Kediri memiliki banyak sekali variasi, salah satunya adalah stik tahu. Makanan ringan yang terbuat dari tahu dan diolah dengan cara tradisional dengan campuran berbagai rempah ini cocok buat yang sedang menjalani program diet. Makanan ini rendah kolestrol, namun kaya sekali akan serat.

Stik tahu dapat ditemukan di setiap toko oleh-oleh yang ada di Kota Kediri, terutama di kawasan Jalan Pattimura Dan Yos Sudarso.

2. Tahu Pong Kediri

Terkenal dengan sebutan Kota Tahu, maka tak heran jika Kediri memiliki berbagai kuliner khas yang terbuat dari tahu.

Ciri-ciri dari makanan yang satu ini adalah berwarna putih dan berbentuk kubus rapi, jika digoreng bagian tengahnya akan mengembang atau terasa kosong. Sangat nikmat jika disajikan dengan cocolan sambal petis. Makanan ini juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di Kediri.

3. Tahu Kuning

Sampai peringkat tiga oleh-oleh khas Kediri masih diduduki oleh tahu. Tahu Takwa atau Tahu Kuning awalnya tahu ini dikenalkan oleh pengusaha asal Cina bernama Bah Kacung, tahu ini merupakan oleh-oleh khas Kediri sejak tahun 1912.

Pengambilan nama takwa sendiri berasal dari bahasa Mandarin yang berarti aroma. Tampilannya berwarna kuning, berbeda dari tahu pada umumnya. Setelah digoreng rasanya akan menjadi gurih, kenyal, dan empuk.

Sangat cocok dijadikan lauk maupun camilan dan dihidangkan bersama saus, kecap ataupun petis.

4. Getuk Pisang

Kediri juga mempunya makanan khas berupa olahan yang terbuat dari bahan buah pisang, yaitu getuk pisang. Getuk pisang ini memiliki rasa yang manis, sedikit asam dan rasa legit. Getuk ini dibentuk menyerupai lontong dan dibalut dengan daun pisang.

Mencari Getuk Pisang di Kediri ini cukup mudah. Di sepanjang Jalan Patimura dan Jalan Yos Sodarso.

Dan jangan lupa tanyakan tanggal pembuatan, karena masa kadaluarsa makanan olahan ini biasanya bertahan empat hari.

5. Keripik Bekicot

Kediri punya keripik bekicot sebagai oleh-oleh khasnya. Tak hanya diolah menjadi makanan ringan berupa keripik, binatang siput ini juga dibuat sate yang kemudian diberi bumbu khusus.

Orang-orang Kediri menggunakan angka 02 sebagai istilah bagi bekicot. Ada rasa gurih, renyah dan sedikit manis di dalamnya. Saat dijadikan sate pun tekstur dagingnya sangat empuk dan nikmat apalagi setelah disiram bumbu. Jangan menilai rasa dari tampilannya saat masih hidup ya, karena jika sudah mencobanya kamu pasti bakal ketagihan.

Baca juga: Peta Lokasi Kampung Inggris Pare Kediri Jawa Timur

Penutup:

Demikian yang dapat Kampoong Inggris bagikan, tentang Pusat Oleh-oleh Khas Kampung Inggris Kediri Jawa Timur, dimana Oleh-oleh dapat ditemukan dengan gampang dengan harga yang terjangkau. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi kampoonginggris.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Pare berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *